Slide Tentang Processing and Sandwich Serving | Jasa Boga | Pengertian Sandwich | Bread | Spread Olesan | Feeling | Garnish | Jenis-jenis Sandwich | Pembuatan Sandwich | Download

PROCESSING AND SANDWICH SERVING

Kompetensi Keahlian : Jasa Boga
Standar kompetensi : Mengolah Makanan Kontinental
Kompetensi Dasar : Processing Sandwich
Berikut admin tampilkan Slide PowerPoint tentang Sandwich lengkap dengan link dowload sebagai bahan tugas Jasa Boga. 

Processing and Sandwich Serving

A. Pengertian Sandwich 


Sandwich adalah makanan yang dibuar dari bermacam-macam roti (bread) yang diiris (merupakan bahan pelapis) dan diisi dengan berbagai isian. Pada umumnya sandwich disajikan sebagai hidangan selingan (snack) untuk orang-orang yang tidak mempunyai cukup waktu untuk makan, misalnya sebagai bekal orang yang bekerja, dalam perjalanan dan sebagainya.

Sandwich yang lengkap terdiri dari empat bagian utama yaitu :

1. Bread / roti



Roti yang digunakan untuk membuat sandwich disebut sandwich bread yang bentuknya segi empat. Namun demikian jenis roti yang lain juga dapat digunakan dalam pembuatan sandwich antara lain : French bread, toast bread, hamburger bun, hot dog bun, dan lain-lain.
Sandwich yang lengkap terdiri dari empat bagian

Bread / Roti

2. Spread / Olesan



Berupa bahan makanan yang lembek atau setengah kental yang dioleskan pada permukaan roti. Spread atau olesan ini berfungsi untuk memberikan rasa, menambah kelembaban, sebagai pelekat,menambah gizi dan kesempurnaan pada sandwich.Spread yang digunakan harus lunak, mudah dioleskan dan tidak berair atau basah.
Spread / Olesan

Spread / Olesan

3. Feeling / isian



Feeling adalah bahan makanan yang akan diletakkan atau diatur pada roti atau diantara kedua irisan roti yang digunakan untuk membuat sandwich. Pada umumnya nama sandwich disesuaikan dengan nama bahan makanan yang digunakan untuk membuat feeling / isian ini.
Feeling / isian



4. Garnish / hiasan



Garnish ini digunakan bila perlu. Garnish dibuat dari bahan makanan juga yang berfungsi menyertai sandwich dan atau memberi hiasan pada sandwich, sehingga sandwich dapat menarik dan merangsang selera makan. Garnish yang digunakan sebaiknya sederhana, dapat dimakan dan mempunyai rasa yang sesuai dengan filling yang digunakan.
Garnish / hiasan

Garnish / hiasan


B. Jenis-Jenis Sandwich

Sandwich dapat dibedakan menurut temperatur pada saat dihidangkan dan menurut bentuk / susunan sandwich :
1. Berdasarkan temperatur sandwich pada waktu dihidangkan.
a. Cold sandwich
b. Hot sandwich

Jenis-Jenis Sandwich

2. Berdasarkan cara penghidangan ( presenting sandwich )

a. Open sandwich
b. Closed sandwich

presenting sandwich



C. Persiapan Pembuatan Sandwich



Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
1. Menyiakan bahan.seluruh bahan sandwich harus dibersihkan dan disiapkan dengan cermat, beberapa bahan perlu ada yang dimasak dahulu

2. Susun dan simpan bahan

3. Pilih dan susun peralatan diantaranya pemotong daging , griddles, grill, penggorengan.

Persiapan Pembuatan Sandwich

D. Teknik Pembuatan Sandwich


Sandwich sebagai hidangan selingan atau snack biasanya dimakan oleh orang yang tidak mempunyai waktu makan yang cukup, maka sudah sewajarnya sandwich dihidangkan dengan cepat. Teknik yang baik dalam pembuatan sandwich dengan cepat adalah : menyelesaikan satu step pada waktu yang bersamaan lebih menguntungkan dari pada menyelesaikan sandwich satu persatu.
Teknik Pembuatan Sandwich


1. Trimming



Yaitu memotong bagian yang tidak diperlukan seperti kulit yang mengeras.
Trimming

2. Cutting

Sandwich kadang-kadang perlu dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sesuai dengan pola pengaturan yang akan dilakukan dan juga memudahkan sandwich dimakan.
Cutting

3. Arranging / dressing



Sebenarnya tidak ada satu pola yang harus diikuti untuk mengatur sandwich diatas piring. Cara pengaturan sangat tergantung pada pembuat sandwich. Sandwich yang sudah dipotong diatur sedemikian rupa sehingga tampak menarik.
Arranging / dressing


4. Garnishing

Tujuan : memberi hiasan pada sandwich yaitu membuat penampilan (appearance) sandwich menjadi lebih menarik dan lebih baik dan juga menambah kaloro dan gizi sandwich.
Garnishing

E. Penyajian Sandwich



Sandwich, khususnya jenis cold closed sandwich biasanya dipotong menjadi dua, tiga atau empat untuk disajikan. Pemotongan akan membuat sandwich lebih mudah dimakan dan menambah daya tarik penyajian. Penjepit sandwich dapat digunakan untuk menambah tinggi pada piring dan memperlihatkan warna dan tekstur isian.
Penyajian Sandwich

F. Porsi Sandwich


Ukuran porsi sandwich pada umumnya untuk satu porsi mempunyai berat antara 169 gram hingga 200 gram yang terdiri atas :
Roti / bread : 50 – 60 gr
Spread : 10 gr – 15 gr
Filling : 60 – 75 gr
Garnish : 40 gr – 50 gr
Total berat : 160 – 200 gr

G. Standard Sandwich



Sandwich yang baik ditentukan oleh beberapa hal :
1. Roti yang digunakan harus segar ( baru ) dan cukup kekar, sehingga sandwich tidak mudah hancur dan patah pada waktu diambil.
2. Filling digunakan tidak ada yang melelh keluar atau mengalir pada bagian tepi sandwich.
3. Sandwich dipotong rapi, rata dan masing-masing potongan merupakan kesatuan yang utuh.

Demikian Uraian tentang Sandwich untuk anda bisa download dalam format Slide PowerPoint  dengan terlebih dahulu mengirimkan permintaan melalui email. 

Copyright © Ciwi Ciwi 74 . All rights reserved.